Wordpress

Wordpress
All About my Experience in Wordpress

Joomla

Joomla
Tips, Review Templates, Plugin, Component, Joomla-id

SEO

SEO
All about Optimasi Mesin-mesin pencari

Prestashop

Prestashop
Prestashop Most Powerfull Shopping cart Engine

Cara edit HTML pada file template Wordpress


Untuk mengedit file-file dari dalam dashboard langsung tanpa harus membuka file di localhost dan meng-editnya dengan editor seperti Dreamweaver, di dalam menu Presentation >> Theme Editor ada pilihan itu.

Tinggal memilih file mana yang akan di edit, nama-nama file bawaan theme-nya ada tercantum disana, misalnya di dalam sidebar.php kita ingin menambahkan suatu kode atau link atau gambar logo, kita klik pilihan sidebar.php dan masukkan kode tersebut di posisi yang diinginkan kemudian klik tombol “Update File” maka setelah itu perubahan tampilan weblog sudah bisa dilihat langsung….

 

ow ow, bagaimana kalau ternyata tombol “update file” nggak tampak ?

Untuk hal ini, kembalilah ke cpanel server hostingnya, set permission CHMOD menjadi 666 untuk file-file yang sekiranya bakal di edit. Jika CHMOD sudah diubah maka di bilik Presentation >> Theme Editor tadi akan muncul tombol “Update File“.

Banyak yang tanya, kenapa nggak bisa edit themes langsung dari Admin Panel, udah utak atik eh ngga bisa di save, jadi balik lagi ke kode awalnya.


Soalnya nggak ada tombol “update File” di bagian bawah panel Theme Editornya.. trus bagaimana biar tombol itu ada ? File-file di theme yang sedang digunakan harus di ubah permissionnya (CHMOD) menjadi writable (666). Paling engga ubah file-file yang sering diedit, seperti di file style.css, sidebar.php, header.php, footer.php dan single.php

Caranya .. caranya ?

Lebih enak pakai FTP program ya, pakai Filezilla deh misalnya yang gratis aja. Login ke server kita melalui Filezilla, isiannya sepeti ini :




** Username dan password adalah yang diberikan hostingan kita untuk login ke Cpanelnya.

Kemudian masuk ke folder wp-content/Themes, dan cari nama theme yang sedang digunakan pada blog anda. Buka foldernya, dan blok file-file yang diinginkan untuk diedit.



Klik kanan file-file yang telah diblok, kemudian ada pilihan paling bawah yaitu File Attributes. Nanti ada pop-up muncul dan ganti angkanya menjadi 666.




Kalau sudah, bisa kembali lagi ke Menu Presentation >> Themes Editor dan tombol Update File sudah muncul, anda sudah bisa edit file, memasukan kode, merubah Stylenya langsung dari Theme Editor saja.

Mengubah file permission seperti ini juga akan anda lakukan untuk membuat file .htaccess writable untuk penyesuaian Permalinknya dan apabila ada Plugins yang memerlukan file-filenya di- writable.


Salam...

3 komentar:

Rahmat mengatakan...

terima kasih. keren banget tutorialnya sangat jelas!

5 Oktober 2010 01.21
Ridwan Nurwahid mengatakan...

Sama-sama ... trims juga atas kunjungannya

7 November 2010 04.09
Ridwan Nurwahid mengatakan...

http://wpquestions.com/question/show/id/906

8 Oktober 2012 19.21

Poskan Komentar

TEMPLATE ERROR: Invalid data reference post.url: No dictionary named: 'post' in: ['blog', 'skin', 'view']
 

2009 ·Net-trix by TNB and RD-sign.com